MULAI
Part 2 akan membahas bagaimana proses pembuatan animasi dan proses import objek dari Blender ke Unity.
Tambahkan jendela kerja "DopeSheet" dengan cara :
1. Arahkan kursor ke pojok kiri bawah sampai menyentuh 3 Garis miring.
2. Kursor akan berubah menjadi "+" klik dan tekan klik kiri kemudian tarik ke atas.
Pada DopeSheet :
1. Ubah mode menjadi "Action Editor"
2. Klik "new" untuk membuat animasi baru
3. Klik tombol merah agar nantinya point-point animasi secara otomatis disimpan di DopeSheet
Klik tulang dan masuk ke "Pose Mode".
Buat beberapa animasi pada 1 Aksi Animasi, vcg menyebutnya paket animasi.
Disini vcg membuat 2 animasi di dalam 1 paket yaitu animasi jalan (1) dan animasi lari (2).
Jika sudah selesai membuat animasi, tahap selanjutnya adalah eksport model3D + animasi dari Blender.
Klik File - Export - Autodesk FBX.
Buat folder baru klik "Create New Directory" dan simpan model di dalam folder .
Vcg membuat folder Model + Animasi.
Buat Folder baru di Unity dengan nama "Model" dan masukan folder "Model + Animasi" ke folder "Model". Bisa dengan cara Drag n Drop atau copy paste secara manual. Tahap kedua selesai.
Part 3 akan menjelaskan tentang pengaturan dasar Animasi pada Unity.