Wokee, langsung aja ya. Dalam membuat sebuah game ada 3 jenis model atau objek yang umum digunakan, Model 2 Dimensi, Model Semi 3 Dimensi dan Model 3 Dimensi.
Penambahan model atau objek sangat penting dalam sebuah game selain memberi kesan unik tapi juga bikin menarik. Nah tutorial kali ini adalah remake dari tutorial yang sama dimana tutorial sebelumnya belum full dalam memberikan penjelasan setiap bagian.
MULAI
Tutorial part 1 akan dibahas pembuatan model dan penambahan tulang (Rigging) pada model 3D.
Buat sebuah model 3D bebas sekereatif mungkin, model yang vcg bikin adalah model abstrak, jadi model ini tidak direncanakan hasilnya seperti itu (mengikuti alur pembuatan).
Tambahkan "Single Bone" agar nantinya model dapat digerakan melalui tulang tersebut.
Pada Mode "Object" tekan SHIFT A - Armature - Single Bone.
Klik Z agar objek menjadi tembus pandang. Kemudian Klik kanan pada tulang dan atur posisi tulang dengan perintah G, arahkan kursor ke menu "Object Data" berikan ceklis pada kotak "X Ray".
X Ray digunakan agar objek tulang dapat terlihat meski model 3D tidak dibuat tembus, untuk mencobanya tekan Z kembali.
Tambahkan tulang baru dengan klik kanan pada ujung tulang kemudian tekan "E" dan tarik untuk menambah panjang. Tambahkan beberapa tulang dan atur agar sesuai dengan bagian yang ingin digerakan.
Ingat penambahn tulang hanya bisa dilakukan di "Edit Mode".
Sisi sebelah kiri objek sudah selesai diberi tulang, untuk sebelah kanan cukup duplikat tulang yang sudah jadi.
1. Klik kanan 1 tulang , klik A untuk menyeleksi seluruh tulang (warna kuning).
2. Kemudian tekan SHIFT + D untuk menduplikat, jika sudah coba gerakan mouse maka duplikat dari tulang dapat terlihat.
3. Klik kanan untuk membatalkan perintah perpindahan tulang baru. Maka posisi tulang akan kembali ke posisi semula.
1. Masih diseleksi duplikat tulang, Klik Armature - Flip Names, ini digunakan untuk memberi nama tulang baru.
2. Klik armature - Mirror - X Global, digunakan agar rotasi tulang berubah.
Jika sudah dan jika posisi tulang masih belum pas, atur kembali agar pas dengan posisi sebelah kanan objek.
Hasilnya seperti gambar di atas.
Tahap selanjutnya adalah menggabungkan model 3D dan Tulang dengan cara :
1. Masuk ke "Object Mode".
2. Klik kanan model 3D terlebih dahulu, untuk menyeleksi Model 3D.
3. klik SHIFT + Klik kanan pada tulang untuk menyeleksi tulang.
4. Klik CTRL + P, kemudian pilih "With Automatic Weight".
5. Jika tidak ada error penggabungan berhasil.
Sekarang uji coba ketika tulang dirotasi apa objek ikut bergerak ?
1. Klik Kanan Tulang.
2. Masuk Ke "Pose Mode", pose mode hanya dapat diakses ketika salah satu tulang diseleksi
3. Klik kanan kembali salah satu tulang , kemudian tekan R untuk merotasi
4. Jika objek ikut berotasi, tahap pertama berhasil.
PART 2 : Import Model 3D + Animasi dari Blender ke Unity [remake 2/4]
Part 2 akan menjelaskan bagaimana Animasi pada objek dibuat dan proses import Model + Animasi dari Blender ke Unity.