- Header : Menu utama pada Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
- Viewport : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
- Toolbar : Terdiri
atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
- Outliner : Struktur data dari objek pada Blender.
- Properties : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
- Timeline :Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.
2. Toolbar
Toolbar memiliki beberapa tool yang sering digunakan
dalam membuat model tiga dimensi, tool tersebut antara lain:
- Translate digunakan untuk memindahkan objek.
- Rotate digunakan untuk memutar objek
- Scale digunakan untuk merubah ukuran atau size objek
- Duplicate Object digunakan untuk membuat duplikasi
objek
- Delete digunakan untuk menghapus objek
- Join digunakan untuk menggabungkan beberapa objek.
3. Properties
Beberapa tool pada menu propertis yang sering
digunakan dalam membuat model tiga dimensi adalah :
- Transform adalah menu yang digunakan untuk mengatur
posisi, ukuran dan putaran pada objek.
- Grease Pencil digunakan untuk menggambar pada
viewport.
- View adalah pengaturan view pada Blender.
- 3D Cursor digunakan untuk mengatur letak atau posisi
kursor.
- Item memberikan informasi tentang objek yang
diseleksi.
- Display digunakan untuk mengatur viewport pada
Blender.
- Background Images digunakan untuk menambahkan foto
pada viewport.
4. Editor Type
Editor Type digunakan untuk memilih tampilan atau
lembar kerja pada Blender.
- Python Console :
Display python scripting.
- File Browse :
Membuka dan menyimpan data.
- Info :
Berisi header utama.
- User Preferences :
Mengatur setting aplikasi Blender
- Outliner :
Melihat list data pada Blender.
- Properties :
Properti utama pada setiap objek dan data.
- Logic Editor :
Game dan simulasi.
- Node Editor :
Mengatur tekstur, imaging dan material.
- Video Sequence Editor : Mengatur video dan suara.
- UV/Image Editor :
UV edit dan pewarnaan pada objek.
- NLA Editor :
Membuat animasi baru.
- DopeSheet :
Mengatur keyframe pada animasi.
- Graph Editor :
Mengatur kurva dan driver animasi.
- Timeline :
Mengatur proses animasi pada objek.
- 3D View :
Tempat utama untuk objek tiga dimensi.