Tutorial lanjutan dari Unity Tutorial Indonesia : Audio Source - Audio Script Manager [part 1] .
Part 2 akan membahas logika listing program yang digunakan pada tutorial part 1.
A. AudioManager.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class AudioManager : MonoBehaviour {
public AudioClip clipSatu;
AudioSource audioSource;
void Awake(){
audioSource = GetComponent<AudioSource>();
}
void Start(){
audioSource.clip = clipSatu;
audioSource.Play();
}
}
Penjelasan :
public AudioClip clipSatu;
perintah ini dipakai untuk mendeklarasikan audio clip yang nantinya akan digunakan, penggunaan kata public agar clip dapat dimasukan dengan cara Drag n Drop pada jendela inspektor.
AudioSource audioSource;
pada objek "Music Background" di part 1 sudah diberi komponen Audio Source, nah agar komponen ini dapat diedit di dalam script pada perlu dideklarasikan terlebih dahulu.
audioSource = GetComponent<AudioSource>();
setelah Audio Source dideklarasikan dengan nama audioSource, tahap selanjutnya adalah varibel audioSource mengambil komponen Audio Source yang ada pada objek "Music Background".
audioSource.clip = clipSatu;
varibel audioSource menentukan audio clip mana yang akan dijalankan.
audioSource.Play();
jika sudah ditentukan clip yang akan dimainkan, maka mulai mainkan dengan perintah Play();
B. AudioManager.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class AudioManager : MonoBehaviour {
public AudioClip clipSatu;
public AudioClip clipDua;
AudioSource audioSource;
void Awake(){
audioSource = GetComponent<AudioSource>();
}
void Update(){
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.O)){
audioSource.clip = clipSatu;
audioSource.Play();
}
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.P)){
audioSource.clip = clipDua;
audioSource.Play();
}
}
}
Penjelasan :
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.O))
Jika tombol "O" ditekan maka clipSatu yang akan dimainkan
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.P))
Jika tombol "P" ditekan maka clipDua yang akan dimainkan
C. AudioManager.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class AudioManager : MonoBehaviour {
public AudioClip suaraPistol;
AudioSource audioSource;
private float timer;
void Awake(){
audioSource = GetComponent<AudioSource>();
}
void Update(){
timer += Time.deltaTime;
}
public void KlikAudio(){
if(timer >= 3){
timer = 0;
audioSource.clip = suaraPistol;
audioSource.Play();
}
}
}
Penjelasan :
private float timer;
Mendeklarasikan sebuah varibel float (pecahan) dengan nama timer.
timer += Time.deltaTime;
Nilai timer akan terus bertambah dimulai dari 1 dan seterusnya, kecepatan perubahan nilai mengikuti hitungan detik pada komputer yang digunakan.
public void KlikAudio(){}
Adalah sebuah method yang telah dibuat. Method ini nantinya diberikan ke objek UI Image agar image dapat melakukan sebuah event, dimana event yang akan proses adalah listing program yang ada di dalam method KlikAudio().
SELESAI