Di Unity ada beberapa Method utama yang sering digunakan dalam pembuatan game, berikut adalah method-method C# unity.
1. Void Awake();
Void Awake adalah method yang akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum Method Void Start().
contoh :
void Awake(){
anim = GetComponent<Animator>();
player = GameObject.Find("Player");
partikel = enemy.GetComponent<ParticleSystem>();
darahUtama = GetComponent<DarahUtama>();
}
2. Void Start();
Void Start() hanya akan mengeksekusi listing program satu kali dan di awal program dijalankan. Void Start () digunakan untuk melakukan eksekusi perintah saat running dijalankan.
contoh :
void Start(){
umur = 20;
darahPemain = DarahUtama;
Phi = 3.14159265;
}
3. Void Update();
Void Update() akan mengeksekusi program per frame artinya akan terus mengeksekusi listing program selama program berjalan. Void Update() digunakan untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi.
contoh :
void Update(){
time += Time.DeltaTime;
Debug.Log("void update");
if(darah <= 0) { Die();}
}
4. Void FixedUpdate();
Memiliki fungsi yang sama dengan void Update(), perbedaannya void Update() lebih fokus ke perubahan grafis game dan void FixedUpdate(); lebih fokus ke prubahan fisik.
contoh :
void FixedUpdate(){
rigidbody.AddForce(Vector3.up);
}
5. Void LateUpdate();
LateUpdate akan terlambat dieksekusi ketika program dijalankan, contoh yang paling sering digunakan adalah ketika camera mengikuti gerakan pemain, maka listing program camera ditulis di LateUpdate();
6. Void OnGUI();
OnGUI biasa digunakan pada Unity versi 4.5 kebawah, method ini digunakan untuk mengeksekusi perintah atau komponen GUI
contoh :
void OnGUI(){
GUI.Button(new Rect(10,10,100,20), "Tombol");
}