Terrain adalah sebuah bentuk atau objek yang digunakan sebagai background dasar suatu pembuatan game.
Oke langsung saja VCG akan membuat model terrain sederhana.
MULAI
Pada tutorial ini VCG menggunakan Unity 4.6. Buka unity dan buatlah sebuah proyek baru.
Buat folder baru pada asset untuk menampung scene, beri nama folder tersebut bebas atau "Scenes".
Sebelum memulai Scene game disimpan terlebih dahulu agar proyek dapat dilanjutkan ketika proses pembuatan game ditunda, pilih FILE - SAVE SCENE AS .
Maka akan terlihat folder yang telah dibuat sebelumnya, klik 2x pada folder Scenes, kemudian save scene. Tahap pertama sudah selesai.
Tahan kedua adalah menambah dan mengatur terrain. Pilih GameObject - 3D Object - Terrain.
Jika sudah klik terrain pada jendela hirarki, lalu lihat pada inspektor dan cari menu "Terrain(Script)". pada tahap ini ukuran terrain akan diubah menjadi 50x50, untuk lebih jelasnya lihat gambar di atas.
Tahap kedua selesai, tapi ketika dilihat terrain tidak berada di tengah-tengah garis (pusat) seperti pada gambar di atas. Tahap ketiga akan menguraikan cara agar posisi terrain tepat di pusat.
Sebelumnya sudah diatur panjang x lebar terrain adalah 50x50. Ubah posisi x dan z terrain pada menu Transform, untuk x = -25 dan z = -25.
25 ini didapat dari panjang dan lebar terrain dibagi 2, 50:2 = 25. sudah dapat dilihat posisi terrain tepat di daerah pusat.
Setelah panjang dan lebar terrain diatur, terakhir adalah mengatur tinggi terrain, alasan tinggi terrain diatur adalah agar nantinya bisa membuat danau, laut dan apapun itu yang mengharuskan membuat lekukan ke bawah. Jika tinggi terrain tidak diatur alhasil tidak akan bisa membuat lekukan ke bagian bawah terrain.
Lihat lagi inspektor pada menu "Terrain(Script)" pilih "paint height". kemudian atur height sesuai selera, untuk tutorial kali ini tinggi yang digunakan adalah 20 jika sudah tekan "flatten", maka posisi terrain akan naik ke atas.
Tapi hasilnya terrain tidak tepat di area pusat, nah untuk mengembalikan posisi terrain ke pusat, lihat kembali pada menu Transform ubah posisi Y menjadi Y = -20.
20 ini didapat dari tinggi terrain yang sudah diatur pada "paint height". Tahap ketiga selesai.
Tahap ke 4 adalah menambahkan aset-aset yang nantinya akan digunakan pada pembuatan terrain.
Klik Assets - Import Package - pilih asset.
Aset yang akan digunakan kali ini adalah :
- Character Control : ini adalah asset yang berisi karakter gratis yang bisa digunakan untuk membuat game
- Particle : Berisi partikel-partikel alam seperti ledakan, salju, debu, air terjun dan yang lainnya.
- Skyboxes : Berisi material yang khusus untuk mewarnai langit-langit game.
- Terrain Asset : Aset-aset yang nantinya digunakan dalam membuat pulau di terrain.
- Water (basic) : asset khusus untuk membuat lautan, perairan, danau.
Jika sudah diimpor maka bisa dilihat di folder asset seperti gambar di atas.
Tahap keempat selesai, pada tahap ini pengaturan terrain selesai, lanjut pada fungsi-fungsi terrain di tutorial selanjutnya.
SELESAI