MULAI
Arahkan kursor pada Inspektor terrain dan cari menu Terrain (Scripts), ada 7 menu utama yang digunakan dalam terrain, pada tutorial terrain part 1 sudah dijelaskan salah satu menu yaitu "Terrain Settings".
Tahapan pertama adalah merubah texture langit dengan cara , klik EDIT - RENDER SETTINGS, kemudian atur pada Skybox Material untuk memilih jenis texture.
Langkah kedua adalah tambahkan pencahayaan, pada tutorial kali ini digunakan Directional Light, klik "create" pada hirarki pilih Light - Directional Light. Gunakan Rotasi untuk mengatur pencahayaan pada Directional Light, untuk memberikan bayangan bisa disesuaikan pada inspektor.
1. Raise / Lower Terrain
Menu ini berguna untuk membuat gunung atau apapun itu objeknya yang pasti menjulang ke langit, untuk pengaturan bisa dilihat pada inspektor :
- Brushes : Bentuk dari dataran yang akan dibuat
- Brush size : ukuran besar kecilnya brush
- Opacity : Kekuatan brush dalam membuat daratan (silahkan dicoba untuk lebih memahami)
Untuk menurunkan daratan (Lower) tekan SHIFT kemudian arahkan kursor pada daratan yang akan diturunkan.
2. Paint Height
Memiliki fungsi hampir sama dengan R/L Terrain, tetapi pada menu ini tinggi atau rendahnya suatu dataran/pegunungan dapat ditentukan pada Settings - Height , atur height dari 0-600.
NB : Misal tombol "Flatten" ditekan maka semua daerah pada terrain akan berpindah tinggi/rendahnya sesuai angka yang ditentukan.
3. Smooth Height
Jika ada daerah atau pegunungan yang runcing ke atas, gunakan menu ini untuk menghaluskan daerah pada terrain.
4. Paint Texture
Digunakan untuk menambah texture pada terrain, texture umum yang sering dipakai adalah texture tanah, pasir dan rumput.
Klik Edit Texture - Add Texture, akan muncul 2 pilihan "texture" dan "normal map", klik select pada texture untuk memilih tekstur, jika sudah klik add.
Untuk normal map akan dipelajari di tutorial berikutnya.
5. Place Trees
Digunakan untuk menambahkan pepohonan.
Klik Edit Trees - Add tree, cari posisi pohon berada, jika sudah klik add.
6. Paint Details
Digunakan untuk menambahkan rerumputan.
Klik Edit Details - Add Grass Texture, cari posisi texture grass berada, jika sudah klik add.
7. Water Basic
Selanjutnya adalah membuat lautan, tambahkan water pada folder STANDAR ASSETS - WATER(BASIC) kemudian pilih dan masukan texture air ke dalam game.
8. First Person Controller
FPC adalah karakter yang sudah disediakan oleh unity, biasanya digunakan untuk game berjenis FPS (First Person Shooter)
Tambahkan FPC pada folder STANDAR ASSETS - CHARACTER CONTROLLER kemudian pilih dan masukkan "first person controller" ke dalam game. Atur posisi FPC berada di atas terrain atau pulau.
9. Finish
Terakhir play game dan gunakan tombol-tombol berikut untuk berjalan-jalan.
-W : Berjalan ke depan
-A : Berjalan ke kiri
-S : Berjalan mundur
-D : Berjalan ke kanan
-Space : Loncat
-Mouse : Berbelok kiri-kanan
SELESAI