Oke tutorial ini masih lanjutan tutorial tentang uv/ image editor. Pada tutorial sebelumnya digunakan pewarnaan langsung di dalam blender. Kali ini konsepnya hampir sama tapi texture yang akan ditempel sudah disiapkan, dan disini akan dijelaskan bagaimana menempelkan texture menggunakan uv/ image editor.
MULAI
Buatlah model 3D, disini VCG membuat model rak buku minimalis.
Buat 2 jendela view, kemudian pada jendela kanan ubah jendela jadi uv/image editor.
Jika masih di Objek Mode , pindah ke Edit Mode (1). kemudian seleksi seluruh objek dengan tombol "A" sampai warna menjadi kuning (2). Terakhir tekan U pilih "Unwrap" Unwarp ini digunakan untuk memindahkan texture default objek ke jendela uv/image editor(3).
Akan terasa berat atau lag ketika texture default pindah, alasannya karena texture objek dipindahkan tanpa dibedah terlebih dahulu, pembedahan sudah dipelajari pada tutorial part 1 .
Jika sudah pindah saatnya menambahkan texture ke uv/image editor, pilih image - open image dan cari posisi texture yang sudah disiapkan, pilih ok/open image.
Maka hasilnya seperti gambar diatas, pada tahap ini texture hanya baru ditambahkan belum ditempelkan.
Untuk menempelkan pertama arahkan kursor ke jendela objek(kiri) kemudian tekan ALT + Z, tunggu beberapa saat.
Jika sudah menempel dan jika masih diseleksi (warna kuning) tekan A untuk menghilangkan seleksi. Terakhir masuk kembali ke Objek Mode.
SELESAI
Jika cara diatas terlalu berat / lag, objek tersebut bisa dibedah terlebih dahulu seperti pada gambar di bawah
Maka hasil yang didapat akan lebih ringan dan beda dari cara sebelumnya.
Baca Juga : Mengenal UV/ Image Editor [versi 3]