Sebelum memulai tutorial kali ini, diharapkan sudah mengerti UV/ Image Editor versi sebelumnya.
Tutorial kali ini adalah tutorial untuk menjawab masalah atau pertanyaan "Kenapa model yang dibuat di blender tidak bisa diberi texture langsung di Unity ?"
Caranya adalah dengan UV/ Image Editor.
Pada gambar di atas bisa dilihat perbedaan antara objek yang diproses di UV/ Image Editor sama yang tidak.
A. Objek yang diproses
B. Objek yang tidak diproses.
MULAI
Buatlah model 3D bebas. Disini vcg membuat simbol tanda tanya (low poly)
Buat dua jendela kerja seperti yang sudah dijelaskan pada tutorial versi 1 dan 2.
Pada jendela objek masuk ke edit mode.
Kemudia seleksi seluruh objek dengan tombol A. kemudia texture default pada objek dipindahkan ke jendela UV/ Image Editor dengan petintah U pilih unwrap.
Jika sudah arahkan kursor ke jendela objek kemudian tekan ALT + Z untuk mengembalikan/ menempelkan texture default dari UV/ Image ke objek.
Pada tahap ini pertanyaan di atas telah dijawab, karena tahap selanjutnya adalah manambahkan texture langsung di dalam Unity.
Oke sekarang impor model yang ada pada blender ke dalam unity
cara mengimpor sudah dijelaskan pada tutorial :
Untuk menambah material bisa dengan cara membuat material baru atau material yang ada pada folder material.
Di sini vcg sengaja membuat material baru dengan cara klik kanan pada folder asset - create - material, kemudian beri nama.
Vcg sudah menyiapkan texture, klik pada material tadi, liaht inspektor tekan select untuk memilih texture.
Tahap terakhir adalah tambahkan material ke objek dengan cara drag ke objek tersebut.
SELESAI