Pada part ini akan dijelaskan logika dalam listing program game "Island Miracle".
1. HideCursor.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class HideCursor : MonoBehaviour {
void Start () {
Screen.showCursor = false;
}
}
Penjelasan :
Script ini digunakan untuk menghilangkan kursor. Ingin kursornya ada, hapus script atau ganti false jadi true.
2. CrystalCollect.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class CrystalCollect : MonoBehaviour {
void OnTriggerEnter(Collider other){
if(other.gameObject.tag == "Kristal"){
Destroy(other.gameObject);
ScoreManager.score += 1;
}
}
}
Penjelasan :
Disini digunakan method void OnTriggerEnter(), berguna untuk mendeteksi benturan antar objek melalui Collider. "Enter" menandakan proses deteksi dijalankan ketika kedua objek saling bertubrukan pada awal proses.
Method yang digunakan untuk mendeteksi tubrukan melalui Collider ada 2 yaitu void OnTrigger dan void OnCollision.
if(other.gameObject.tag == "Kristal"){}
dibacanya "Jika yang ditubruk adalah objek yang memiliki nama tag = Kristal maka......"
Destroy(other.gameObject);
Maka objek tersebut dihancurkan.
ScoreManager.score += 1;
Fungsi ini adalah teknik pemanggilan variabel static yang ada di class/ file lain.
variabel static score ada pada class ScoreManager.cs, Maka untuk memanggilnya pertama tulis dulu NamaKelas.namaVariabel;
Disini score ditambah 1 jika pemain menabrak objek Crystal.
3. ScoreManager.cs
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;
public class ScoreManager : MonoBehaviour {
public static int score;
public Text text;
void Update(){
text.text = "Crystal " + score + "/5";
if (score >= 5){
text.text = "BERHASIL";
}
}
}
Penjelasan :
Pada score manager akan diakses komponen UI Text maka pada header script ditambahkan "using UnityEngine.UI".
public static int score;
Dibuat sebuah variabel static bernama score.
BACA JUGA : Variabel C# Unity
public Text text;
Komponen UI Text akan diakses di dalam listing program oleh variabel text. Diberikan modifier akses "public" agar nantinya Komponen UI Text yang akan diakses oleh variabel text cukup dilakukan drag and drop pada jendela Unity.
text.text = "Crystal " + score + "/5";
text yang pertama adalah variabel "text" yang sudah mengakses komponen UI Text. Dan text yang kedua adalah fungsi untuk memberi nilai string pada variabel "text".