MULAI
Buat komponen UI Text dan ubah text menjadi "Score" atau bebas sesuai selera, karena nantinya text ini akan diubah melalui listing program. Dan atur Anchor pointnya berada di tengan-atas layar.
Buat objek kosong dan beri nama "Penampungan Script", fungsi objek ini untuk menyimpan semua script-script di dalam game, tapi script yang hanya bisa ditampung ke sana adalah script yang bebas posisinya dalam artian script ini dapat dikasih ke objek mana saja dan tidak membuat game error.
Buat dan copy-paste 3 buah C# Script seperti pada listing program di bawah :
1. HideCursor.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class HideCursor : MonoBehaviour {
void Start () {
Screen.showCursor = false;
}
}
2. CrystalCollect.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class CrystalCollect : MonoBehaviour {
void OnTriggerEnter(Collider other){
if(other.gameObject.tag == "Kristal"){
Destroy(other.gameObject);
ScoreManager.score += 1;
}
}
}
3. ScoreManager.cs
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;
public class ScoreManager : MonoBehaviour {
public static int score;
public Text text;
void Update(){
text.text = "Crystal " + score + "/5";
if (score >= 5){
text.text = "BERHASIL";
}
}
}
Contoh Script yang bebas posisi adalah HideCursor.cs dan ScoreManager.cs.
Tambahkan script HideCursor.cs dan ScoreManager.cs ke objek Penampung Script dan Script CrystalCollect.cs ke objek First Person Controller (pemain).
Klik pada penampung script, lihat jendela inspektor. Pada bagian Score Manager (script) kotak Text masih kosong, tambahkan UI text "Score" dari canvas.
Jika sudah jalankan game dan mulai bermain.
Data atau File mentah proyek game ini dapat di download disini : DOWNLOAD .
SELESAI