Sebelumnya pemberian animasi pada objek menggunakan aplikasi blender, pada tutorial kali ini akan dibahas cara menambah, mengedit dan memakai animasi di Unity.
MULAI
Buat pulau sederhana dan tambahkan objek First Person Controller. Jadi nanti yang akan diberi animasi adalah Kamera yang ada di FPC agar seperti sedang berjalan.
Tambahkan jendela animasi dan animator.
Animasi adalah jendela untuk memberi animasi/ gerak pada objek.
Animator adalah jendela untuk mengumpulkan dan mengatur animasi yang sudah dibuat.
1. Buat folder baru untuk menyimpan animasi.
2. Klik 2x pada objek FPC agar lebih dekat melihat objek.
3. Di dalam objek FPC klik Camera, kemudian masuk ke jendela Animation.
Masuk ke jendela Animation, untuk membuat animasi :
1. Klik terlebih dahulu tanda segitiga bulak-balik untuk membuat animasi baru, tekan "Create New Clip"
2. animasi pertama yang akan dibuat adalah kondisi ketika PFC sedang diam.
3. Beri nama animasi "Diam" dan simpan di dalam folder animasi.
Pada animasi "Diam" klik Add Curve kemudia pilih apa yang akan dijadikan animasi.
Nah karena animasi "Diam" itu si kamera hanya bergerak ke atas dan ke bawah dengan lambat, jadi yang pilih hanya Transform - Position.
Hasilnya seperti pada gambar di atas, ada 2 point animasi yang disediakan, posisi awal dan akhir.
Posisikan point akhir lebih jauh ke sebelah kanan, soalnya kan animasinya seperti orang sedang bernapas.
Kemudian tambahkan point baru di tengah-tengah point awal dan akhir, caranya :
1. klik kiri di timeline jendela Animation
2. Kemudian lihat di jendela scene, geser ke atas sedikit posisi y kamera.
Animasi diam sudah dibuat, selanjutnya buat animasi ketika FPC sedang berjalan.
Untuk point awal dan akhir di dekatkan agar gerakan animasinya lumayan cepat. Kemudian tambahkan point baru ditangah seperti saat membuat animasi "Diam".
Untuk melihat hasil animasi, pada jendela Animation tekan tombol segitiga kebalik, posisinya di atas tombol Add Curve.
Jika sudah, lihat pada folder animasi, secara otomatis Animator langsung dibuat oleh sistem unity, karena kalo misal animasinya di buat di aplikasi lain seperti blender, animator harus dibuat terlebih dahulu kemudian ditambahkan ke objek yang akan dianimasikan.
SELESAI