Menurut artikel tutorial yang vcg baca di blogtutorial-unity.blogspot.com, Anchor berfungsi untuk menentukan titik pusat pada sebuah objek agar dapat berpindah dinamis pada saat ukuran layar berubah.
Masalah Utama : Komponen UI sering terpotong atau posisinya tidak mengikuti ukuran layar ketika ukuran layar berubah.
Pada Unity versi 4.5 ke bawah, ini adalah masalah yang cukup banyak diminati para developer game, bagaimana tidak , pada saat itu konsep anchor belum ada, dan banyak yang bingung bagaimana mengatasi masalah ini.
Akhirnya ditemukan cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan perintah Matrix4X4 yang menurut vcg cukup rumit. Cara ke dua adalah dengan Screen.width/2, Screen.height/2. Yang bermaksud agar posisi komponen GUI berada di tengah layar. Tapi kadang muncul masalah baru.
Dengan menggunakan anchor point masalah di atas bakal diatasi dengan mudah.
Tambahkan UI Button ke game. Lihat pada jendela inspektor.
Dalam Anchor Presets point-point yang disediakan sudah mencangkup seluruh area layar.
Vcg mencoba memposisikan UI Button di pojok kiri atas dan anchor pointnya di tengah layar.
Maka ketika jendela game digeser atau berubah, UI Button terpotong.
Kembalikan jendela game seperti semula, selanjutnya adalah merubah anchor point ke pojok kiri atas layar, posisi yang sama dengan posisi UI Button.
Ketika layar game berubah, UI Button tidak terpotong dan mengikuti ukuran layar.
Sekarang bagaimana agar image yang menutupi seluruh layar game dapat mengikuti ukuran layar ketika berubah ?
Tambahkan UI Image, atur posisi image di tengah layar.
Pada Anchor Presets, pertama tekan ALT maka fungsi anchor akan berubah, kemudian pilih point pojok kanan bawah, ini artinya Komponen UI akan mengikuti akuran layar dari 4 point.
UI Image memenuhi seluruh layar meski ukuran layar berubah.