Untuk pewarnaan daun dilakukan pewarnaan dasar, yaitu pada "Object Mode" dan Jendela "Material". Pada pilihan Disfuse ubah warna daun. Karena ada beberapa daun yang terpisah jadi dilakukan 5x pewarnaan pada daun yang berbeda, warnai juga batang dan tubuh pohon.
Maka hasilnya seperti pada gambar di atas.
Sekarang karena proses pembuatan pohon selesai dari mulai tubuh, batang dan daun, gabungkan semuanya menjadi 1 model.
Pertama tekan shift + klik kanan untuk menyeleksi tiap-tiap bagian sampai dilapisi warna kuning. jika sudah tekan tombol join pada menu sebelah kiri.
Duplikat objek pohon dan atur arsitektur pulau sesuai kreatifitas masing-masing.
Tahap akhir adalah mewarnai pulau.
1. Sembunyikan model-model lain dengan menekan simbol mata pada hirarki.
2. Masuk ke Edit Mode.
1. Jika sudah masuk ke Edit Mode
2. Buka jendela material untuk memberi warna. Buat 2 buah material dan atur warnanya, material ground untuk warna tanah dan Grass untuk warna rumput.
3. Ubah mode seleksi menjadi M.Face
Pemberian warna teknik ini adalah teknik atau cara kedua dari 3 cara dalam memberi warna pada objek di blender.
Seleksi bagian atas pulau agar bagian atas dapat diberi warna rumput/hijau. untuk menyeleksi pertama takan B kemudian klik, tekan dan geser klik kiri sampai memenuhi bagian atas pulau.
Hasil seleksi seperti pada gambar di atas, cara ini digunakan jika pewarnaan hanya dilakukan pada bagian-bagian tertentu saja.
Pada jendela Material, klik Grass Material kemudian tekan assign untuk menempelkan material Grass.
Jika sudah tampilkan kembali semua model-model yang ada.
Dan inilah hasilnya yang sudah di impor ke Unity.