Low Poly adalah model yang memiliki jumlah polygon, mesh, vertex atau edge yang sedikit, low poly memiliki permukaan yang terlihat lebih kasar daripada high poly, namun semakin teknologi berkembang low poly makin diminati karena memiliki berat atau size yang kecil untuk dirender, baik dirender untuk film 3D ataupun game 3D.
Pada tutorial ini akan dijelakan seperti apa model low poly dengan cara pembuatan model 3D.
Pada tutorial ini vcg menganggap pembaca sudah ahli dalam membuat sebuah model di dalam blender.
MULAI
Tambahkan model cone dengan shift + A - Mesh - Cone, kemudian akan muncul menu Add Cone pada samping kiri bawah layar. Atur Vertices menjadi 16 dan Base Fill Type menjadi "Triangle Fan".
Masuk ke edit mode, kemudian seleksi objek dengan A, subdivide dengan menekan tombol W - subdivide. Akan muncul menu baru di sebelah kiri, ubah Number of Cuts menjadi 2.
Saatnya membuat texture, masuk ke jendela Textures kemudian buat texture baru dan beri nama bebas atau "Low Poly Text", ubah type texture ke "Noise".
1. Masuk kembali ke objek mode
2. Tambahkan efek displace pada jendela object modifiers.
3. Pada efek displace ganti texture dengan texture yang sudah dibuat sebelumnya "Low Poly Text".
Masih pada efek displace atur midlevel dan Strength, untuk strength vcg memberi nilai 0.2, sedangkan pada Midlevel silahkan berkreasi masing-masing.
Jika sudah semua klik Apply.
Pembuatan pulau selesai, tahap selanjutnya adalah membuat pepohonan, tambahkan objek baru berupa kubus, shift + A - Mesh - cube.
Ubah bentuk kubus menjadi seperti pohon, atau boleh berkreasi sekreatif mungkin.
Pembuatan tubuh dan batang pohon selesai saatnya menambahkan daun, untuk daun tambahkan objek Icosphere.
Duplikasi daun menjadi beberapa bagian dengan perintah SHIFT + D, kemudian atur posisi daun menempel pada ujung batang.
Terakhir ubah scale pada daun dengan perintah S.
SELESAI