Tahap animasi, tahap yang lumayan kompleks, tapi kalo sudah terbiasa akan jadi mudah #trustme.
Dalam sebuah game pastinya sering melihat objek yang dapat bergerak, berjalan, memukul, menembak dan lainnya. semakin halus animasi atau gerakan maka akan semakin baik kualitas game tersebut. Pada tutorial kali ini akan dijelaskan tahapan dan konfigurasi sebelum proses animating dimulai.
MULAI
Buka blender dan buatlah sebuah model bebas yang sudah diberikan tulang (RIGGING). disini vcg membuat model kepiting alien.
Buat 3 jendela kerja, yaitu :
A. 3D View
B. Dope Sheet
C. Timeline
Kemudian klik kanan pada tulang sehingga warna tulang menjadi kuning, masuk ke "POSE MODE".
1. Pada jendela Dope Sheet, ubah dopesheet menjadi Action Editor
2. Klik new untuk membuat timeline animasi yang baru
3. Klik tombol merah pojok kanan bawah, berfungsi agar animasi secara otomatis dicatat di frame timeline
Tekan A untuk menyeleksi semua tulang sampai berwarna biru, Tekan I kemudian pilih dari 3 perintah yang disediakan:
- Location : Memberi posisi awal objek di timeline
- Rotation : Memberikan nilai awal pada rotasi di timeline
- Scale : Memberikan nilai awal pada ukuran objek.
vcg sendiri memberi nilai awal untuk location dan rotation karena nantinya yang akan dianimasikan adalah Rotasi dan Posisi objek.
Pemberian nilai awal selesai, bisa dilihat pada bagian timeline ada node atau titik animasi.
1. Adalah garis yang memberikan info suatu node animasi yang akan ditulis di timeline
2. Adalah posisi frame pada timeline
Saatnya memberi point, node atau titik animasi pada frame timeline. Gunakan tombol-tombol berikut untuk membuat animasi pada tulang yang diseleksi.
Pertama klik kanan tulang yang akan diberi animasi kemudian, tekan :
- R , untuk rotasi
- G , untuk mengatur posisi tulang
Pada frame 0 posisi dan rotasi adalah nilai awal yang sebelumnya ditambahkan
Pada frame ke 18, vcg membuat node animasi agar kaki kanan depan bergerak ke samping
Pada frame ke 33, kaki kanan depan diposisikan ke posisi semula dan kaki kiri depan di geser ke samping.
Pada frame 47 , kaki kiri depan digeser lebih tinggi .
Pada frame 57 posisi kaki kiri depan diubah kembali ke posisi semula. ini adalah animasi sederhana agar objek terlihat seperti berjalan.
1. Pada jendela timeline, atur start tetap pada 1 dan END sesuaikan dengan nilai frame terakhir.
2. Jika sudah tekan tombol play untuk melihat animasi yang telah dibuat.