Tutorial kali ini tentang bagaimana cara menggabungkan banyak texture menjadi satu texture. Trik ini merupakan trik penting yang wajib dikuasai untuk membuat game apalagi jika seorang "Single Fighter Developer" yang artinya semua dilakukan sendiri mulai dari Desain Game, Desain 3D, Musik, Script, Logika , Analis Sistem, QA dll semua dilakukan sendiri.
MULAI
Jadi gini, biasanya setelah membuat sebuah objek di blender pastinya membuat banyak tektur yang berbeda , contoh kalo bikin rumah mulai dari texture Genteng, dinding, Halaman, jendela dan lainnya pasti membuat lebih dari 1 textur kan , nah dengan teknik baking texture, jika selesai membuat model 3D nya lebih efisien dan mudah di edit di engine game jika dijadikan satu texture saja.
Seperti biasa setelah dibuat new project akan ditampilkan 1 kubus, vcg akan menggunakan kubus sebagai media pembelajaran kali ini.
Buat 2 buah jendela kerja dengan menggeser 3 "garis miring" di pojok kanan atas. Jendela kedua ubah menjadi UV/ Image Editor.
1. Masuk ke edit mode
2. Tekan A untuk menyeleksi seluruh bagian kubus sehingga berwarna kuning.
3. Tekan U pilih Smart UV Project.
4. Klik OK
Kemudian buat Image Baru untuk menyimpan texture2 yang digunakan. Klik "new" beri nama sesuai selera.
Saatnya memberi banyak texture ke objek cube.
1. Masuk ke komponen "Texture"
2. Klik tanda +
3. Klik New image kemudian beri warna.
Oke vcg sudah memberi 3 warna solid (Red, Blue, Green).
Tahap selanjutnya adalah memberi warna pada bagian sisi kubus sesuai selera. Seleksi terlebih dahulu bagian mana yang akan diberi warna dengan klik kanan, kemudian pilih texture yang akan digunakan dan klik "Assign" untuk menempelkan texture.
Hasil yang vcg buat seperti gambar di atas.
Sekarang baru tahap "Baking Textures" dimana semua texture yang ada pada kubus akan dipindahkan ke image yang sudah dibuat di jendela "UV/ Image".
1. Masuk ke Fungsi Render
2. Pada menu "Bake" ubah Bake Mode menjadi Texture karena yang akan diambil hanya texture solid milik si Kubus.
3. Tekan bake, tunggu beberapa saat sampai texture image dibuat.
Jika sudah tinggal simpan texture tersebut untuk digunakan di engine game.
1. Klik Image di UV/Image Editor
2. Pack As PNG, merubah ekstensi image
3. Save Image As.
4. Selesai
Dan hasilnya seperti gambar di atas, 1 buah image dari gabungan beberapa texture.
SELESAI