MULAI
Part 3 adalah tahap penutupan tentang bagaimana agar objek Balloon dapat bergerak dan diproses di dalam game.
Pertama, buka setiap Balloon yang ada di dalam folder Prefabs, Klik pada setiap objek Sphere dan berikan Tag Name "Enemy".
Tutup kembali Balloon, dan sekarang tambahkan script "EnemyDestroy" dan "EnemyMoveY" ke 3 objek Balloon di folder Prefabs.
Masih 3 objek Balloon tadi, sekarang tambahkan komponen Sphere Collider.
Jika sudah, klik objek GameSettings pada jendela Hirarki, lihat jendela Inspektor - Enemy Manager - Balon. Beri nilai 3 pada size dan masukkan objek Balloon yang ada di Prefabs ke kotak Element.
Tambahkan UI Text untuk membuat tampilan score.
Atur Text berada di tengah atas layar.
Buat C# Script baru "ScoreManager", buka script dan tambahkan baris program berikut :
A. ScoreManager.cs
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;
public class ScoreManager : MonoBehaviour {
public
static int score;
public
Text textScore;
void
Start(){
score
= 0;
}
void
Update(){
textScore.text
= "Score = " + score;
}
}
Kemudian buka juga script "PlayerShooter", hapus tanda "//" pada baris ScoreManager.score.
ScoreManager.score
+= 1;
Tambahkan script "ScoreManager" ke objek GameSettings, klik GameSettings kemudian lihat jendela inspektor - Score Manager (Script).
Masukkan UI Text ke kotak kosong Text Score.
Jalankan Game dan mulai mainkan.
Download juga File Mentah dari Proyek Game "My Balloon", setelah di download silahkan kembangkan game menjadi lebih keren.
SELESAI