Percabangan (kondisi) adalah suatu pilihan atau opsi dengan kondisi tertentu, jika kondisi yang menjadi syarat terpenuhi, maka opsi atau pilihan dijalankan, jika opsi tidak terpenuhi maka akan masuk ke kondisi berikutnya.
1. Kondisi.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class Kondisi : MonoBehaviour {
int nilai = 85;
void Start(){
if (nilai > 85){
Debug.Log("A");
}else if(nilai >= 76 && nilai <=85){
Debug.Log("B");
}else if(nilai >= 66 && nilai <=75){
Debug.Log("C");
}else if(nilai >= 56 && nilai <=65){
Debug.Log("D");
}else{
Debug.Log("E");
}
}
}
Penjelasan :
Pada tutorial ini digunakan program yang umum digunakan untuk proses pemahaman tentang percabangan. Dimana variabel nilai memiliki nilai = 85 atau bisa menggunakan inputan, setelah itu dilakukan pengkondisian untuk menghasilkan kesimpulan.
Sesuai dengan kondisi yang ada jika nilai sama dengan 85 maka grade yang didapat adalah B seperti pada output di atas.
Perulangan atau looping adalah suatu proses di dalam pemrograman yang dapat mengeksekusi beberapa statement yang sama dengan berulang-ulang sampai berhenti pada kondisi tertentu.
1. Perulangan.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class Perulangan : MonoBehaviour {
int i;
void Start(){
for (i = 0 ; i < 6 ; i++){
Debug.Log("Ini Perulangan Ke : " + i);
}
if(i == 6){
Debug.Log("Perulangan Berakhir");
}
}
}
Penjelasan :
Pada program perulangan dilakukan perulangan sebanyak 6 dimana setiap perulangan dihasilkan output sesuai nilai perulangan.