Sebelum memulai membuat suatu game, terlebih dahulu
harus mengenal lingkungan kerja pada Unity3D beserta istilah-istilah yang
terdapat pada Unity3D. Hal ini nantinya akan sangat membantu dalam bekerja di
dalam Unity3D.
Lingkungan kerja pada Unity3D terbagi ke dalam sepuluh
bagian, yaitu :
- Hirarki merupakan tempat dimana game object pada scene yang
sedang aktif. Ketika berpindah scene,
maka komponen dalam hirarki akan berubah mengikuti scene yang sedang aktif.
- Scene adalah
tempat ditampilkannya seluruh aset yang terdapat dalam jendela ProjectView.
- Animator adalah jendela untuk mengatur hubungan beberapa
animasi pada objek.
- Inspektor adalah propertisnya suatu objek pada game dalam Unity.
- Lightmapping adalah jendela kerja yang digunakan untuk mengatur
pencahayaan pada game.
- Navigasi adalah jendela kerja yang khusus digunaan untuk
pengaturan area pada game.
- Jendela projek adalah tempat semua aset ditampilkan.
- Console jendela yang menyediakan tampilan keluaran atau error.
- Animation digunakan untuk membuat animasi baru pada objek game.
- Jendela game adalah tempat ditampilkannya aplikasi
yang dibuat pada scene view. Ketika jendela game diaktifkan, maka game yang
anda buat dapat dijalankan pada jendela game.