Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial Mengenal UV/ Image Editor [versi 4] [part 1]. Dimana pada part 1 sudah dijelaskan tentang bagaimana proses penambahan texture pada aplikasi lain dan pada part 2 akan dijelaskan bagaimana model yang sudah dibuat diimpor ke Unity beserta teksturnya.
MULAI
Pertama buat sebuah folder untuk menampung model 3D beserta teksturnya. Disini vcg membuat folder "Silinder Warna".
Kemudia ekspor texture ke folder yang sudah dibuat "Folder Silider Warna". Tapi sebelumnya ubah texture menjadi PNG dengan tekan Image - Pack Image.
Kemudia ekspor dengan menekan Image - Save As Image.
Jika texture sudah diekspor saatnya mengekspor model objek 3D.
File - Export - FBX.
Maka dapat dilihat pada gambar di atas hasil dari ekspor tekstur dan objek 3D.
Tahap selanjutnya adalah buka atau buat sebuah projek baru di Unity.
File - New Project.
Buat folder baru pada Assets dan beri nama sesuai selera, vcg memberi nama folder "Model" karena nantinya folder ini sebagai tempat penyimpanan model atau objek 3D.
Klik kanan pada assets - Create - Folder.
Jika sudah masukkan folder "Silinder Warna" yang sudah dibuat ke dalam folder Model.
Maka akan terlihat seperti pada gambar di atas, folder Materials akan secara otomatis dibuat oleh system Unity guna tempat penyimpanan material objek.
Tahap selanjutnya adalah mengatur ukuran objek 3D. Tekan objek pada folder Silinder Warna kemudian lihat pada inspektor. Ubah "Scale Factor" menjadi 1, klik apply.
Sebelumnya vcg mengekspor model dari blender dengan ekstensi (dot) FBX. Dimana ketika memilih FBX ukuran objek akan diubah menjadi 0.001.
Tahap terakhir tambahkan objek ke hirarki atau jendela game.
SELESAI