Ini adalah tutorial blender level Intermediate pertama, jadi diharapkan level basic sudah dikuasai. karena banyak tools atau perintah yang tidak disebutkan seperti pada tutorial basic.
Pada tutorial kali ini beberapa shortcut yang mungkin akan digunakan adalah :
S : untuk mengatur ukuran
R : mengatur rotasi objek
E : Menambah objek baru dari objek yang ada (sub objek)
G : Mengatur posisi objek
X, Y, Z : Vector atau arah yang dituju.
CTRL + R : membuat garis potongan pada objek
VCG menganggap bahwa pembaca sudah mahir dalam penggunaan shortcut di atas.
MULAI
Tahap pertama adalah membuat alas dari bangunan pada jendela edit mode, ubah cube menjadi seperti gambar di atas atau selera masing-masing.
Pada bagian bawah alas, buat garis potongan dengan CTRL + R seperti gambar di atas.
kemudian dibuat kaki alas pada pojok objek, gunakan tombol E untuk menambah sub-objek.
Pembuatan alas selesai, selanjutnya adalah pemodelan tubuh rumah.
Masuk terlebih dahulu ke Object Mode, kemudian SHIFT + A - Mesh - Cube.
Alasan kenapa membuat objek baru di Object Mode agar objek Alas dan Tubuh rumah terpisah. Kalau misal dibuat objek baru di dalam Edit Mode, maka kedua objek akan dibaca atau tergabung dalam 1 objek.
Maka dapat dilihat ada 2 objek baru yaitu Alas Rumah dan Tubuh Rumah.
Klik cube "Tubuh Rumah", masuk ke edit mode kemudian lakukan pemodelan dinding rumah.
Saatnya membuat kotak jendela, pada sebalah kiri dinding, buat gari pemotongan dengan CTRL + R sampai membentuk potongan kotak.
Ganti mode seleksi jadi M-Face. Kemudian tekan X pilih face untuk menghapus Faces, biasanya terdapat 2 lapis pada dinding, lakukan penghapusan pada lapisan kedua.
Setelah penghapusan selesai, maka terlihat celah kosong di sisi kotak jendela, untuk menutupnya seleksi bagian garis yang kosong kemudian tekan F untuk menutup. Lakukan hal yang sama pada sisi atas, bawah dan kanan.
Lakukan pemodelan lanjutan, tutup bagian atas tubuh rumah dan tahap pembuatan tubuh rumah selesai.
Masuk kembali ke objek mode untuk menambah objek cube.
Buat cube menjadi persegi panjang vertikal di edit mode, kemudian tambahkan potongan yang banyak dengan cara CTRL + R, ketika warna potongan masih pink scroll mouse untuk menambah potongan.
Lakukan pemodelan lanjutan dengan menambah sub-objek menggunakan tombol E.
Tahap pembuatan pagar selesai.
Masuk kembali ke objek mode dan tambahkan cube baru untuk membuat atap rumah.
Simpan posisi cube berada tepat di atas rumah, masuk ke edit mode.
Seleksi seluruh objek dengan tombol A dan tambahkan efek sibdivide dengan tombol W.
Lakukan pemodelan lanjutan dengan menggeser tiap titik ujung cube ke posisi titik ujung tubuh rumah atau sesuai selera masing-masing.
Tahap pemodelan selesai, pada model 3D ini terdapat 4 objek utama yaitu Alas Rumah, Tubuh Rumah, Pagar dan Atap Rumah.
SELESAI